SUPERMAN BATMAN PUBLIC ENEMIES [2009]



Salah satu ciri khas dari komik Superman / Batman yang ditulis oleh Loeb adalah balon pikiran dari Superman dan Batman. Menghadapi sebuah perkara, Loeb menuliskan pemikiran dari Superman dan Batman sehingga para pembaca tahu kenapa dua superhero ini memiliki nilai fundamental yang sangat berbeda. Selain itu Loeb juga memasukkan berbagai unsur psikologis dalam story arc pertamanya. Superman dibesarkan oleh keluarga Kent dalam nilai-nilai kebenaran sehingga baginya membela kebenaran adalah sesuatu yang wajib ia lakukan. Sebaliknya masa kecil Batman direnggut darinya ketika orang tuanya dibunuh di hadapannya, Bruce menjadi Batman karena terpaksa; tak ingin ada lagi orang yang mengalami nasib sama sepertinya. Itu baru sedikit perbedaan yang dimasukkan oleh Loeb.
Yang saya sayangkan, semua nilai-nilai psikologis itu hilang dalam film ini. Hasilnya tinggallah obral adegan aksi dari awal hingga akhir film. Tidak jelek tetapi sulit menilai film ini sebagai sesuatu yang lebih dalam - sesuatu yang sebenarnya bisa dicapai oleh film ini.

Bicara soal obral adegan aksi, saya sungguh puas dengan Public Enemies. Translasi grafisnya dilakukan dengan amat baik oleh DC. Walaupun Ed McGuiness bukanlah artis favorit saya (karakter yang ia gambar cenderung terlalu bergaya anime dan terlalu berotot), saya akui kalau ia lebih dari sanggup menggambar adegan-adegan aksi yang keren. Untungnya semua itu berhasil ditranslasikan ke filmnya - bahkan lebih dahsyat dari adegan di komiknya. Pengisi suara dari serial Superman dan Batman yang lama seperti Clancy Brown, Kevin Conroy, dan Tim Daly pun turun gunung untuk mengisi suara karakter khas mereka. Untuk nama baru sendiri yang mencuri perhatianku jelas Allison Mack si pemeran Chloe dalam Smallville yang di sini mengisi suara Power Girl.

Buat orang yang sudah membaca komiknya, Superman / Batman: Public Enemies versi animasi ini mungkin akan mengecewakan karena mengubah beberapa plot detail yang penting (asal tahu saja, dalam versi komiknya cerita ini merupakan prolog dari kedatangan Supergirl ke bumi). Di lain pihak, untuk mereka yang belum membaca komiknya mungkin akan kebingungan karena jalan ceritanya yang sedikit melompat-lompat. Walau secara keseluruhan ini bukan film yang buruk, saya rasa kedua film animasi DC lainnya pada tahun ini masih lebih superior dibandingkannya dari segi kualitas.  
[dikutip dari tukangreview.com]

Free Download Film : Superman.Batman.Public.Enemies.2009.idws.avi
Free Download subtitle indonesia Superman.Batman: Public Enemies.srt


Don't forget to say thanks..

1 Response to "SUPERMAN BATMAN PUBLIC ENEMIES [2009]"

  1. Anonim says:

    thanks a lot

Posting Komentar

Who r' U